Cara Mudah Belajar Bahasa Inggris

belajar bahasa inggris - http://tipsmudahpraktis.blogspot.co.id/


Cara Mudah Belajar Bahasa Inggris - Bahasa Inggris adalah bahasa dunia. Taksalah memang ungkapan itu. Bahasa Inggris, saat ini digunakan oleh lebih dari 400 juta orang di seluruh dunia. Setiap hari bahasa Inggris digunakan orang-orang di dunia dengan berbagai tujuan dan aktifitas, dalam pekerjaan, perdagangan, relasi, pendidikan, dan lain-lain. Dan jika ada orang-orang yang berlainan negara dan bangsa bertemu, maka satu-satunya yang bisa menyambungkan komunikasi mereka adalah bahasa Inggris.

Takheran jika kemudian banyak orang-orang belajar menguasai bahasa Inggris. Dimulai dari pelajar, pekerja, maupun para profesional. Ada banyak manfaat bilamana kita menguasai bahasa Inggris. Di antaranya adalah,
  1. Menambah Pergaulan dengan Masyarakat Dunia. Menguasai Bahasa Inggris berarti menguasai bahasa dunia. Kita bisa bergaul dan berkomunikasi dengan orang-orang di belahan bumi lain jika kita mahir berbahasa Inggris.
  2. Bahasa Teknologi. Pernah tidak kita mengalami masalah dengan perangkat elektronik atau gadget yang kita beli? Misalkan salah pasang, terjadi error, atau apalah. Sedangkan kita tidak paham dengan segala petunjuk yang ada di buku panduan karena berbahasa Inggris. Dengan menguasai bahasa Inggris tentunya kita akan lebih mengerti menggunakan perangkat yang kita beli.
  3. Bahasa Pendidikan. Dalam menuntut ilmu, baik di sekolah maupun di bangku kuliah takjarang kita mesti mencari literatur atau referensi yang lebih lengkap untuk kajian yang sedang dikerjakan. Masalah kemudian timbul karena sebagian literatur itu berbahasa Inggris!
  4. Bahasa Dunia Kerja. Di era globalisasi seperti saat ini, setiap perusahaan selalu mencantumkan persyaratan penguasaan bahasa Inggris untuk setiap calon karyawannya. Apalagi jika perusahaan itu adalah perusahaan asing, pasti wajib menguasai bahasa Inggris.
Dengan banyaknya manfaat menguasai bahasa Inggris tentu ini mendorong banyak orang mencoba belajar untuk menguasainya. Mulai dari kursus, les, atau banyak nonton film luar negeri, berharap bisa lancar bahasa Inggris. Hehehe. Berikut ini adalah cara mudah belajar bahasa Inggris yang mungkin bisa Anda praktekan.

CARA MUDAH BELAJAR BAHASA INGGRIS

1. Percaya Diri
Hal yang perlu dimiliki adalah rasa percaya diri. Ya, takjarang orang yang mau belajar bahasa Inggris sudah dibelenggu dengan rasa malu dan tidak PEDE. Apalagi jika yang bersangkutan benar-benar belajarnya dari nol. Tanamkan tekad yang kuat bahwa kita bisa. Jika orang lain bisa maka kitapun pasti bisa.

2. Banyak Menghafal Kosakata
Banyak membaca dan menghafal kosakata bahasa Inggris sangat membantu kita dalam kecepatan penguasaan bahasa Inggris. Bukankah kalimat adalah susunan dari kata-kata? Dengan hafal dan tahu artinya kosakata bahasa Inggris maka kita tinggal mengasah di grammar dan cara pengucapan saja. Perbanyaklah membaca kamus online di android kamu.

3. Perbanyak Mendengarkan Lagu Bahasa Inggris
Buat kamu yang suka lagu dangdut dan mau belajar bahasa Inggris mulai sekarang banyak-banyaklah mendengarkan lagu berbahasa Inggris. Bisa pop, rock, jaz, atau dangdut bahasa Inggris. Dengan banyaknya mendengar lagu bahasa Inggris ini bisa menambah perbendaharaan kata kita. Baiknya lagi cobalah untuk menerjemahkan lirik lagu tersebut ke bahasa Indonesia, atau sebaliknya terjemahkan lagu bahasa Indonesia ke bahasa Inggris.

4. Menulis dengan Bahasa Inggris
Buat yang suka menulis buku diary, mulai sekarang cobalah menulis dengan menggunakan bahasa Inggris. Biarlah belepotan, namanya juga mencoba. Seiring berjalannya waktu dan meningkatnya penguasaan kosakata kita maka tulisan kitapun akan semakin sempurna.

5. Berbicara Bahasa Inggris
Carilah grup atau teman yang jago bahasa Inggris, ajaklah ngobrol, mintalah menilai dan  merevisi jika bahasa Inggris kamu banyak yang salah. Membiasakan berbicara bahasa Inggris selain akan meningkatkan penguasaan bahasa Inggris kamu, juga mampu meningkatkan kepercayaan diri.

6. Lakukan Berulang-ulang
Tidak ada yang langsung bisa hanya dengan sekali melakukan. Butuh waktu dan pengulangan. Begitupun dengan belajar bahasa Inggris. Diperlukan keuletan, ketabahan dan pengulangan dari setiap proses. Terus, dan terus belajar maka hasil yng didapatpun akan memuaskan.

Itulah sedikit ulasan cara mudah belajar bahasa Inggris, semoga bisa memberi manfaat. Teruslah belajar, teruslah maju.

 

0 Response to "Cara Mudah Belajar Bahasa Inggris"

Post a Comment