4 Cara Menghasilkan Konten Berkualitas

konten berkualitas - http://tipsmudahpraktis.blogspot.co.id/
4 Cara Menghasilkan Konten BerkualitasSebagai seorang blogger, mungkin Sobat pernah mendengar atau bahkan bertanya bagaimana membuat konten yang baik, konten yang layak baca, atau lebih kerennya di sebut Killer Content. Kita bisa temukan jawabannya hanya dengan browsing di internet, maka ratusan bahkan ribuan artikel akan memberikan jawabannya.

Apa yang Sobat temukan itu adalah definisi dan cara versi orang lain, yang kadang kita sendiri sulit mengerti dan mengaplikasikannya. Terlebih cara dan gaya menulis masing-masing kita pastilah berbeda. Jadilah "konten yang baik" itu sekedar kata yang sulit terwujud.

Sebenarnya, kita jangan terlalu memandang "wah" dengan kata konten yang baik,konten yang layak, atau killer content itu. Menurut saya, semua konten akan bernilai baik, istimewa bahkan menjadi "killer" selama kita melakukan langkah yang benar dalam pembuatannya.

Berikut saya akan coba berbagi sedikit ilmu tentang langkah-langkah menulis konten yang berkualitas. Cara ini saya peroleh dari pengalaman, obrolan dengan para mastah, dan juga pengamatan dari tiap web-web terkenal. 

4 Cara Menghasilkan Konten Berkualitas

1. Mengidentifikasi Pembaca dan Apa yang Mereka Ingin
Jika Sobat ingin blognya ramai, postingannya banyak diburu orang maka hal pertama sebelum membuat konten yang Sobat lakukan adalah mengetahui dulu siapa pembaca blog/web kita itu.

Ada beberapa poin yang setidaknya menjadi acuan kita untuk mengenal pembaca kita
  • Demographi. Para pembaca dan pengguna internet mayoritas ada di kota-kota besar
  • Apa yang mempengaruhi mereka dalam berselancar di dunia maya. Tuntutan pekerjaan, sekolah, hobi, bisnis, dll
  • Apa yang mereka cari dan butuhkan? (Informasi dasar vs tutorial rinci, dll)
  • Topik apa yang mereka sukai

2. Lakukan Riset
Ini sangat penting nih. Kita tidak dapat benar-benar membuat konten berkualitas tinggi kecuali konten kita didukung dengan riset yang baik pula. Mulailah riset Sobat dengan melakukan identifikasi terhadap topik yang hit di masyarakat pembaca. Setelah dapat, persempitlah. Maksudnya, coba dikerucutkan lagi menjadi benar-benar satu topik yang menarik dan mencakup issue yang berkembang.

Jika ternyata topik yang didapat sudah ada yang menulisnya, cobalah Sobat melihat topik ini dari sudut lain yang orang lain belum menuliskannya. Buat topik yang didapat menjadi sebuah tulisan yang unik dan lain dari yang lain.

3. Mulailah Menulis
Kembangkanlah topik yang didapat menjadi sebuah tulisan yang benar-benar berkualitas, yang ditulis berdasarkan data hasil riset kita. Menulis artikel di blog tidak sama dengan menulis kajian ilmiah atau sebuah jurnal, tetap gunakan bahasa baku karena Google hanya akan mengindeks bahasa baku. Meski demikian, jangan berbahasa dengan begitu resmi, santai saja. Bahasa tulisan yang nyantai sangat enak untuk dibaca.

Karena tulisan kita berdasar data maka alangkah baiknya jika kita bisa mencantumkan pula link sumber rujukan, sehingga para pembaca bisa melihat bahwa kita tidak asal nulis.

4. Perhatikan Struktur Tulisan
Kebanyakan para pencari informasi di internet adalah orang-orang yang "bertabiat" serba ingin cepat. Pun begitu ketika mereka mencari informasi. Mereka akan membaca dengan gaya scanning. Cobalah untuk membuat paragraf yang pendek-pendek dengan bahasa yang ringan.

Gaya tulisan daftar poin jauh lebih disukai daripada deskripsi yang panjang. Gunakan Bold atau garis miring untuk penekanan poin. Jangan lupa pertegas deskripsi dengan gambar, karena deskripsi akan lebih mengena dan mudah diingat jika dibarengi dengan adanya gambar.

Menulis adalah sebuah keahlian yang setiap orang bisa, tapi kualitas adalah masalah lain. Kualitas tidak datang dengan tiba-tiba, tapi butuh kebiasaan untuk menghadirkannya, dan keinginan berbagi manfaat adalah jiwa yang makin menguatkan sebuah tulisan.

Sobat, mungkin sekian dulu yang bisa saya bagi. Semoga tulisan sederhana 4 cara menghasilkan konten berkualitas ini bisa menginspirasi Anda. Tetap menulis, tetap semangat berbagi manfaat.


0 Response to "4 Cara Menghasilkan Konten Berkualitas"

Post a Comment