Cara Menjadi Blogger Terkenal

http://tipsmudahpraktis.blogspot.co.id/

Cara Menjadi Blogger Terkenal Menjadi blogger yang banyak dikenal orang atau blogger populer tentunya menjadi impian setiap blogger. Terkenal di sini tentunya berkonotasi positif.  Dikenal karena blognya bagus, dikenal karena kontennya bagus, dikenal karena orangnya ramah, dan lain sebagainya.

Kenapa mesti terkenal? Ya ga mesti juga sih. Terkenal hanya bonus atas konsistensi dari apa yang kita lakukan sebagai blogger, yaitu ngeblog, menulis.

Terus kalau mau jadi blogger dan terkenal bisa? Boleh? Jawabannya bisa dan boleh sangat.

How To Become a Famous Blogger

1. Mulailah dengan Blog Pribadi
Hal pertama yang Sobat lakukan untuk menjadi blogger terkenal adalah memiliki sebuah blog. Iyalah, gimana mau jadi blogger terkenal kalau blog aja tidak punya. Hehehe...

Saran saya, mulailah dengan membangun blog pribadi. Buatlah blog dengan nama Sobat sendiri, sehingga alamat URLnya juga tercantum nama Sobat. Misalnya saja, tuturahmad.blogspot.co.id. Bisa ditebak pasti pemiliknya bernama Ahmad, tidak mungkin Rani, Firman, atau Apud.

Tak mengapa jika blog Sobat baru sebatas di blogspot. Isilah blog itu dengan sesuatu yang memang menjadi passion dan kelebihan Sobat semua. Yang suka menulis, menulislah tentang tehnik menulis. Yang suka desain menulislah tentang desain, yang suka film tulislah tentang film, dan lain sebagainya. Sesuatu yang kita tulis berdasarkan passion akan terasa berkarakter dan "ngena" ke hati pembaca. Di sinilah sesungguhnya imej pribadi Anda sedang dibangun.

2. Menjadi Solusi bagi Pembaca
Selain menulis sesuatu yang menjadi passion kita, cobalah menulis juga sesuatu yang dibutuhkan dan menjadi solusi bagi orang lain/pembaca. Zaman sekarang, kebanyakan pengguna internet adalah orang-orang yang sedang mencari jawaban akan masalah mereka.

Blog dan website bertema tutorial, trick, tips, cara ngeblog atau cara menghasilkan uang dari internet adalah tema blog yang meraih kesuksesan dalam waktu yang sangat singkat dan cepat menjadi populer.

Orang di internet tidak akan mengunjungi blog kita hanya untuk membaca segala dongeng dan bualan kita. Mereka ingin sesuatu yang berguna, berharga.

Cobalah menulis sesuatu yang menjadi pemecah masalah orang lain. Kalau Sobat hobi menulis, cobalah membuat tutorial, trik atau tips menulis yang baik, kalau Sobat seorang desainer cobalah menulis tutorial bagaimana membuat desain yang baik dan menjual, dan lain-lain.

Dengan membantu pembaca Anda untuk mendapatkan jawaban dan menyelesaikan masalahnya maka Anda sudah dikenal, minimalnya oleh seorang pembaca yang mendapatkan jawaban dari blog Anda. Semakin banyak solusi yang Sobat tawarkan maka semakin banyak pula pengunjung ke blog Sobat.

3. Berteman Dengan Blogger Lain
Ciptakan hubungan pertemanan dengan sesama blogger Indonesia yang memiliki passion dan blog yang sama. Hal ini sangat penting, berteman dengan sesama blogger akan menambah ilmu kita, berbagi pengalaman dan issue terkini dari niche blog yang kita pilih.

Rajin-rajinlah berkunjung ke blog teman-teman kita, cobalah berkomentar yang berkualitas dan berdiskusi. Dari diskusi yang berkualitas dalam kolom komentar biasanya menarik pembaca lain untuk mengenal siapa kita. Mereka akan berkunjung ke blog kita. Obrolan dan diskusi di kolom komentar seakan "unjuk kebolehan" setiap blogger untuk memancing pembaca. Dan ini lumrah. So, jangan lupa nanti komen ya di blog ini, hehehe...

4. Promosikan Blog Anda
Promosi adalah cara terbaik untuk membuat diri dan blog Sobat populer. Promosikan blog Sobat dengan tepat.Banyak orang mengabaikan langkah ini dan berpikir bahwa itu tidak penting, tetapi mereka salah, promosi adalah salah satu hal yang sangat penting dalam membangun blog. Lihatlah, promosi membuat sebuah bisnis berkembang dan maju, promosi membuat film jadi box office, promosi membuat setiap hal populer. Jadi jangan lewatkan promosi untuk blog Sobat.

Sekarang promosi telah menjadi sangat penting untuk blog apapun. Karena seperti yang kita tahu bahwa di internet ada banyak blog yang memiliki kesamaan topik atau niche dengan blog kita, sehingga persaingan dalam menggaet pengunjung akan sangat ketat. Jika Sobat adalah seorang mastah SEO tentunya itu tidak jadi masalah. Lain hal jika kita adalah pendatang baru di dunia blogger. Maka kualitas konten dan promosi adalah cara yang sangat mungkin kita lakukan.

Promosi blog bisa dilakukan dengan online ataupun offline. Bisa dengan share di social media ataupun bercerita kepada teman perihal blog kita.

5. Jadilah Pelayan
Mungkin ini lucu tapi begitulah adanya. Saya yakin Sobat semua pernah pergi dan makan di sebuah restoran, dan menyaksikan bagaimana seorang pelayan melayani  dan memenuhi keinginan kita. Begitulah semestinya seorang blogger. Jadi saya pikir blogger juga harus melayani pembaca mereka seperti halnya pelayan melayani tamu restoran. Karena pembaca adalah elemen penting yang membuat sebuah blog sukses dan populer. Jadi kita tidak bisa mengabaikan mereka begitu saja.

Kesimpulan.
Pada akhirnya semua bermuara ke diri kita masing-masing; mau menjadi terkenal atau tidak! Menjadi blogger terkenal tidaklah penting, yang paling penting ketika memutuskan menjadi blogger adalah berguna atau tidak apa yang kita lakukan ini? Minimal untuk diri sendiri, syukur-syukur untuk orang lain.

Ketika apa yang kita lakukan/tulis ternyata bisa menjadi inspirasi dan solusi bagi orang lain maka itu lebih berarti dari sekedar popularitas.

Jadi lakukanlah segalanya dengan penuh gairah dan semangat berbagi. Isilah blog kita dengan hidangan yang berkualitas untuk para tamu, sambutlah dengan ramah, menjadi tuaan rumah yang baik. Maka, tak perlu meminta mereka untuk balik lagi bertamu di blog kita, mereka akan dengan senang hati berlangganan artikel dan rutin berkunjung ke blog kita.

Popularitas? Saya pikir Anda sudah mendapatkan lebih dari apa yang Anda inginkan.

Selamat membangun blog, tetap semangat berbagi manfaat.


5 Responses to "Cara Menjadi Blogger Terkenal"

  1. Tulisannya inspiratif. Sya blogger pasif hehe, jarang update tulisannya

    ReplyDelete
  2. Nice post ! Tapi saya biasa aja sih gak pengen jadi terkenal. Pengennya blog saya dikunjungi dan dibaca banyak orang dan bermanfaat bagi banyak orang. Seperti itu sudah membuat saya cukup bahagia.

    Jangan lupa mampir di blog saya, saya masih newbie banget. Blog masih freshgraduate. Hehe

    ReplyDelete
  3. http://mediacandaku.blogspot.co.id

    ReplyDelete