Cara Melakukan SEO Alami di Blogger Terbaru


Cara Melakukan SEO Alami di Blogger TerbaruAda  yang menyebutkan bahwa lumayan sulit untuk melakukan SEO (Search Engine Optimization) alami pada blog dengan hosting gratisan macam Blogger. Oya? Melakukan SEO alami pada blog yang berhosting gratisan bisa dilakukan oleh siapapun, dengan mudah malah. Asal kita tahu dan mengerti caranya.

Melakukan optimasi pada blog sangat penting dilakukan. Optimasi akan membuat blog kita mendapatkan posisi yang baik di mata mesin pencari.


Saya kenal beberapa teman yang memiliki blog, baik itu blog personal ataupun blog atau webstore. Mereka menggunakan jasa orang lain dalam meng-optimasi blog mereka agar baik posisinya dalam halaman mesin pencari. Tentunya mereka harus membayar orang-orang tersebut atas jasa yang mereka lakukan.

Bagi kita yang minim budget bisa belajar melakukannya sendiri. Di sini saya akan coba uraikan cara atau tehnik melakukan optimasi secara alami pada blog. Ini berdasarkan pengalaman dan pengamatan.

Cara melakukan SEO alami di Blogger


Pilih Domain Baik
Bisa dimulai dari pemilihan nama domain. Bagusnya sih, nama domainpun sudah mencerminkan kata kunci. Contoh blog ini; Tips Mudah Praktis. Jadi isinyapun berupa tips, tuturial, atau apapun yang menawarkan solusi dengan mudah dan praktis.

Konten Yang Memiliki Nilai Lebih
Tidak hanya sekadar posting, tapi tulislah artikel yang memiliki nilai lebih bagi pembaca. Saat menulis postingan, kita harus mempertimbangkan apa yang dicari pembaca, misalkan saja;  memberikan nasihat, tips, saran atau panduan tentang topik tertentu, tentang penggunaan link, anchor text dan frase kunci dalam blog.
SILAHKAN BACA: 6 Langkah Membuat Konten Keren dan Layak Baca
Buatlah Link Berkualitas
Sangat susah kita mencari backlink yang bisa mendongkrak blog di mata mesin pencari, terkecuali memang ada yang mau dengan suka rela memberikannya.

Jangan terlalu berharap dengan backlink atau eksternal link. Kita buat saja internal link sesama artikel yang memiliki kesamaan tema. Dari hasil pengalaman dan pengamatan mesin pencari sangat menyukainya.

Sering-seringlah Update
Tidak perlu melakukannya setiap hari. Buatlah jadwal yang teratur untuk memperbaharui blog sobat. Saya sendiri melakukan update postingan cukup 2-3 kali dalam seminggu. Cara ini, setidaknya bisa mencapai relevansi yang lebih besar di mesin pencari. 

Perlu diingat bahwa mesin pencari akan tiap saat masuk ke blog kita dan mengindeks semua postingan yang ada di dalamnya. Jadi, jangan dianggurin terlalu lama blognya.
Itulah sedikit uraian tentang cara melakukan SEO alami di blog. Cara optimasi alami ini saya lakukan berdasar pengalaman dan pengamatan. Tentunya tiap orang memiliki pengamatan dan pengalaman yang berbeda.

Punya pengalaman lain? Silahkan berbagi di komentar ya. Tetap semangat berbagi manfaat.

0 Response to "Cara Melakukan SEO Alami di Blogger Terbaru"

Post a Comment