Cara Sederhana Meningkatkan Trafik Blog

https://tipsmudahpraktis.blogspot.co.id/
Cara Sederhana Meningkatkan Trafik BlogSebagian besar blogger pemula akan berhenti ngeblog hanya karena trafik blog mereka sepi. Blog mereka sepi dari pengunjung. Ketika mengetahui itu, mereka lantas putus asa dan meninggalkan blognya. Tragis! Meski sebenarnya keputusasaan itu bisa juga dirasa oleh para blogger yang sudah lama. Sudah lama ngeblog tapi trafik tak jua meningkat.

Mengapa bisa demikian?
Kalau menurut saya sih itu karena kurangnya kreatifitas kitanya saja. Kalau Sobat merasa konten sudah oke, template sudah responsive akut, kelengkapan menu dan navigasi sudah lengkap, dan lain-lain, tapi trafik masih juga adem ayem (baca: sepi). Itu pertanda Sobat perlu kreatifitas dan improvisasi dalam mengelolanya.

Terus bagaimana dong? Pasti gitu pertanyaannya ya? Hehehe...

Kuncinya adalah NETWORK
Entah saya salah atau tidak menyimpulkannya;  meskipun ada banyak cara untuk menaikan Trafik ke blog, tapi faktor yang paling penting adalah NETWORK/JARINGAN. Semakin banyak Sobat memiliki jaringan maka Sobat akan mendapatkan lebih banyak lalu lintas/trafik pada blog Sobat.

Tentunya Sobat semua bertanya, network atau jaringan macam apa yang saya maksud. Network atau jaringan yang saya maksud adalah sebuah jalan atau cara dengan media apapun yang digunakan sebagai upaya memperkenalkan dan mempromosikan blog Sobat.

Bagaimana blog kita bisa ramai pengunjung kalau kita sebagai yang punya blog jarang bergaul dan mempromosikan blog kita. Ibaratnya kita punya rumah di komplek, rumahnya bagus, mewah, bersih, fasilitas lengkap, tapi sayangnya tak ada tetangga atau penduduk lain yang berkunjung. Sampai sini ngerti kan maksudnya? Yup, bersilaturrahim-lah, bertetanggalah, kenalkan blog kita pada tetangga maya kita. Saling bekunjung, bertegur sapa dan berkomentar.

Cara Sederhana Meningkatkan Trafik Blog
Berikut adalah 5 cara mudah dan sederhana yang bisa dilakukan untuk memperkenalkan blog, sekaligus sebagai upaya mendatangkan traffik di blog Sobat.

1. Komentar di Blog
Jadilah 5 pemberi komentar pertama di blog Top Niche. Artinya dari 5 orang yang komentar di sebuah blog salah satunya adalah kita. Blog Top Niche maksudnya adalah blog terkenal, ramai, trafiknya ribuan, dan jadi rujukan banyak orang. Blog ini mesti memiliki kesamaan tema dengan blog kita. Jadi, kalau blog sobat temanya games maka berku njunglah dan berkomentarlah di blog bertemakan games, jangan di blog bertemakan kecantikan. Bakal aneh kelihatannya.

Berkomentarlah yang sopan, dan sesuai tema artikel, sehingga orang akan melihat kita benar-benar membaca dan mengerti dengan artikelnya. Jangan pernah "nyampah" dengan ujug-ujug nyimpan link blog. Tidak sopan itu namanya.

2. Gunakan Facebook dan Twitter
Jangan pernah abaikan peran facebook dan twitter dalam pengembangan sebuah blog. Hingga saat ini facebook dan twitter masih ranking satu menjadi media promosi paling efektif. Hari gini siapa coba yang tidak punya akun facebook dan twitter?

Begitupun dalam pengembangan sebuah blog, terutama blog baru. Sering-seringlah berbagi postingan di social media. Manfaatkan semua teman dan follower Sobat sebagai orang-orang yang membaca tulisan blog Sobat.

Awalnya memang akan terasa berat dan sulit, atau bahkan malu dan tidak pede. Asal kontennya bagus, menarik dan memiliki manfaat buat orang lain, kenapa mesti malu. Cobalah, maka Sobat semua akan terbiasa. Kritik dan saran dari kunjungan mereka sangat diperlukan dalam pembangunan blog Anda.

Cobalah cari dan bergabung di group-group facebook yang memiliki kesamaan tema dengan blog Sobat. Selain ajang menambah wawasan dalam hal per-blogan, juga untuk memperkenalkan blog kita.

Ikuti/jadi follower dari para blogger terkenal dengan tema sama dengan kita. Berikan komentar dari tiap tweet mereka.

3. Manfaatkan Youtube
Buatlah video di Youtube yang menarik berdasarkan materi atau tutorial dari postingan yang ada di blog. Pilih tema yang benar-benar menarik dan sedang in. Untuk mencari topik terbaru, Sobat bisa gunakan Googletrends.

Berilah link blog Anda pada video yang diunggah tersebut. Tuliskan kata-kata "rayuan" yang membuat orang penasaran dan mau berkunjung ke blog kia.

4. Luangkan Waktu untuk Konten
Jangan pernah berpikir bahwa kita bisa mendapatkan trafik yang banyak tanpa usaha yang banyak pula. Jadilah blogger yang berbeda dengan blogger yang lain, terutama masalah konten.

Konten blog yang menaik tidak pernah dilahirkan dalam waktu cepat. Konten yang baik adalah konten yang tercipta dari hasil penelitian panjang, mulai dari ide, pengamatan, penelusuran data, dan pengolahan kata.

Mulai sekarang carilah ide yang bagus dan unik untuk tulisan Sobat. Carilah sumber, data, dan informasi yang diperlukan dengan detil, sehingga informasi yang disampikan lengkap dan akurat.

Luangkan waktu, dan cobalah menulis dengan tidak tergesa-gesa. Kalau tidak selesai sehari, tidak mengapa dua hari, tiga hari, bahkan seminggu. Buat apa posting tiap hari tapi kualitasnya jelek, lebih baik posting seminggu sekali tapi berkualitas.

Tulislah artikel minimal 1000 karakter. Konten blog yang ideal ada di sekitar 1000 - 1500 karakter, sebab itu memungkinkan semakin banyak kata kunci yang bisa diindeks mesin pencari.

5. Jangan lupa SEO
Hal terakhir adalah SEO (Search Engine Optimization). Mulailah mengoptimasi blog Sobat sehingga bisa dengan cepat terindeks mesin pencari.

Semua bisa diawali dengan menentukan kata kunci dalam tulisan Sobat. Singkatnya begini, ketika Sobat menemukan ide untuk sebuah tulisan, dan menurut survei itu adalah topik yang menarik maka mulailah untuk mencoba menentukan kata kunci.

Sobat bisa gunakan Google Keyword Planner dalam mencari katakunci, atau bisa di Ubersuggest. Masukkan tema yang Sobat inginkan, dan dapatkan kata yang banyak digunakan oang-orang dalam mencari tema yang Sobat maksud. Kata-kata itulah yang bisa dijadikan kata kunci yang bisa ditanam dalam postingan Anda.

Itulah cara sederhana meningkatkan traffik blog yang bisa saya share, semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan Sobat semua. Jadi, fokuslah pada blog kita, jangan terpengaruh dengan orang lain, jadi diri sendiri, buatlah konten yang berkualitas.

O, iya, salah satu poin yang bisa mendatangkan traffik ke blog kita adalah jadilah lima orang pertama yang komen di tiap blog berkualitas. So, tunggu apa lagi, silahkan komen :-)


8 Responses to "Cara Sederhana Meningkatkan Trafik Blog"

  1. terimakasih anjuran nya ,,, sangat membantu

    ReplyDelete
  2. Mas Ahmad... kalo boleh kasih saran.. . itu menu pendukung jangan dropdown yang about sitemap dll..
    kalo mau daftar adsense... setauku ntar itu bakalan kurang bagus.. sekedar berbagi mas hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas Rifqi, rencananya mau ganti template. Makasih masukannya hehe

      Delete